Cari Kami di FB

Mana yang Terbaik Windows Atau Linux ?
Pilih Antara Windows Atau Linux ? - Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis, tujuan Microsoft adalah untuk komersial. Dan karena Windows lebih dahulu muncul dan sudah sejak lama adanya, maka kebanyakan orang telah terbiasa menggunakan windows sehingga untuk beralih menggunakan Linux (Open Source) membutuhkan waktu untuk dapat menyesuaikan cara penggunaanya.

Pilih Antara Windows Atau Linux ?

Padahal Linux juga memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan Windows, berikut kelebihan Linux  :

  1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
  3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
  4. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain.
  5. Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar.
  6. Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux.

 Sedangkan pada Windows memilki kelebihan sebagai berikut :

  1. Masih yang paling user friendly penggunaannya dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, karna memang selama ini kita memang di ajari bagaimana menggunakan windows. dan banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan materi komputer dengan menggunakan sistem operasi ini.
  2. Instalasi Software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain.

 Dan ini beberapa alasan kenapa orang tetap memilih Windows daripada Linux:

  1. Tenaga ahli Windows lebih banyak, Fakta bahwa orang yang menguasai windows lebih banyak daripada orang yang mahir Linux. Windows lebih mudah untuk dikelola.
  2. WIndows lebih mudah digunakan, Sebagian orang sudah akrab dengan menu Start, Task manager dan system tray. Sebagian mulai menyukai gadget, generasi muda tidak pernah menggunakan MS-DOS, hal ini membuat kita tidak nyaman saat menggunakan command-line pada Linux. Meski Linux telah berevolusi, masih banyak hal di Linux harus dilakukan secara manual, seperti instalasi program.
  3. Lebih banyak software untuk Windows, Fakta ini sudah jelas, lebih banyak software berkualitas tersedia untuk sistem Windows. Game terbaru tidak didukung Linux. Memang software Windows bisa dijalankan di Linux dengan memanfaatkan Wine.
  4. Hardware yang terus maju, Hardware yang semakin maju mematahkan argumen Linux yang mengutamakan penggunaan hardware yang rendah. Sekarang bahkan tersedia processor Quad core dan RAM 8GB pada Laptop. Untuk apa menggunakan Linux pada sistem ini?
  5. Linux masih terburu-buru, Terlalu sulit untuk mengikuti perkembangan Linux. Setiap perkembangan baru tetapi mungkin belum diuji menyebabkan perubahan yang cepat namun tidak konsisten. Pengguna harus berebut untuk mengikutinya.
Dapat disimpulkan mengenai tulisan diatas memang Linux memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan Windows. Linux lebih stabil, lebih murah, tersedia dengan ribuan software bebas dan akan berjalan dengan senang hati pada sistem yang terlalu kecil untuk Windows. Namun karena Windows masih yang paling user friendly penggunaannya dan banyak orang yang sudah terbiasa menggunakan Windows. Apalagi interface Windows sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang awam komputer. Untuk mempelajari windows varian baru tidak perlu belajar dari awal lagi, karena ia hanya bersifat penyempurnaan saja. Jadi banyak item-item yang relatif sama, seseorang tidak perlu bersusah payah membiasakan untuk mengoperasikan windows. Untuk itu masih banyak orang-orang yang menggunakan Windows dan bila ingin menggunakan Linux, orang harus mau berusaha belajar dan suka tantangan.
Memang sangat sulit untuk mengubah kebiasaan seseorang. Lebih daripada itu semua sistem operasi itu baik, yang terpenting bagaimana dan buat apa kita menggunakannya dan Terima Kasih
Previous
Next Post »

Apa Pendapat Anda...

Template By Postinganmusa
Copyright © 2014 KOMPI WEB - All Rights Reserved